RSS

Jenis-jenis widgets

11 Apr

1. My bloglogs Recent readers– Widget satu ini sejak kehadirannya didunia lain blog langsung mendapat sambutan meriah layaknya seleb baru yg lagi naek daun. Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Anda. Dan dengan kepopuleran widget satu ini sampai-sampai manajemen MyBloglog mampu meyakinkan Yahooo (baca: yahuu) untuk membeli sahamnya. *Mantab sangad* So, yang Anda perlukan untuk mendapat widget ini adalah mempunyai account yahuu.

2. Mashable – Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Anda.

3. Headline News– Seperti widget mashable, widget ini pun menampilkan cuplikan headline berita dari situs-situs di seluruh penjuru dunia.

4. flickr flash photo stream badge – Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.

5. Twitter Badge– Jika dalam keseharian hidup Anda banyak hal-hal menarik dan begitu penuh warna dengan segudang aktifitas serta ingin agar orang lain tahu dan menampilkan cuplikan kalimat-kalimat pendek *satu paragraf misalnya* (140 karakter) Anda sedang melakukan kegiatan ini, Anda sedang berada dimana, Anda sedang bersama siapa, Anda sedang, sedang, dan sedang lainnya…. Maka widget ini cocok untuk dipasang pada blog Anda. Daripada bikin sendiri element blogger/wordpress *secara manual* menuliskan teks sebagai pesan kepada pengunjung blog Anda bahwa Anda sedang ini-itu, saya sarankan lebih baik menggunakan widget ini. Widget ini akan menampilkan “tweet” terbaru Anda. Dan untuk pengguna WP sudah ada plugin untuk memposting twitter langsung dari blog Anda, contohnya di sidebar blog ini ada celotehan saya sekedar catatan apa yang tengah saya kerjakan menggunakan plugin tersebut.

6. Calender– Berbeda dengan wordpress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Anda ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.

7. Kotak Pencarian

Widget ini sangat berguna untuk memudahkan pengunjung menemukan isi blog sobat. Widget ini disediakan oleh blogger. Kalau yang di sidebar kanan atas blog ini adalah kotak pencarian google adsense (terang-terangan) hehehe.

8. Shoutbox/Guestbox/Bukutamu

Widget ini seperti kotak komentar. Ini lebih mudah digunakan untuk menjalin persahabatan sesama blogger karena biasanya widget ini digunakan untuk menyapa saat mampir di blog. Banyak penyedia widget bukutamu ini seperti shoutmix, oggix, dll.

9. Recent Post

Widget ini berfungsi untuk menampilkan artikel terbaru. Contohnya, ada di sidebar kiri blog ini. Untuk mendapatkan widget-nya, coba cari aja yah di search engine ya. Banyak kok yang nyediain.

10. Recent Comment

Widget ini sangat berguna bahkan lebih berguna dari recent post. Kenapa? Widget ini berfungsi menampilkan komentar terbaru di blog kita. Jadi, kita bisa tau kalo ada komentar yang masuk. Memangsih widget ini tidak terlalu berguna jika blog hanya memiliki beberapa posting. Tapi, jika blog memiliki ratusan posting, bagaimana kita mengetahui komentar yang masuk? Jadi, widget ini sangat saya sarankan. Cari aja widget ini di search engine (mesin pencari). Kalo nggak, blogger juga udah nyediain widget ini. Untuk recent post juga.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 11, 2013 in Widget

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: